Please wait...

YUK KENAL LEBIH DEKAT AKUPUNKTUR MEDIK Oleh dr. Harizah Umri, Sp.Ak

Mei 16, 2019 0

Apakah itu Akupunktur medik? Akupunktur medik adalah tindakan perangsanagan titik akupunktur di kulit/permukaan tubuh untuk tujuan promotif (pemeliharaan), preventif (pencegahan), kuratif (pengobatan), dan rehabilitatif (pemulihan) suatu penyakit/gagguan kesehatan. Badan Kesehatan Dunia / World Health Organization (WHO) sejak tahun 1991 telah menerima akupunktur sebagai cara pengobatan dan merekomendasikan untuk diintegrasikan dalam sistem kesehatan tiap negara anggota. Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2002 akupunktur telah diterapkan/digunakan setidaknya di 78 negara.
Bagaimana cara kerja akupunktur medik ? yaitu dengan menusukkan jarum akupunktur ke titik yang sudah tertentu tadi maka tubuh kita akan mengeluarkan zat neurokemikal atau semacam hormon, yang nantinya akan berperan sebagai pereda nyeri, anti peradangan, anti alergi, meningkatkan aliran darah setempat atau memperbaiki fungsi organ terkait, serta berbagai fungsi lainnya.
Apakah akupunktur medik menggunakan jarum khusus ? ya, namanya jarum akupunktur ukurannya sangat kecil, steril dan sekali pakai langsung buang (singel use), dan berbeda dengan jarum untuk mengambil darah. Diameternya hanya 1/10 kali jarum ambil darah. Akupunktur medik ini dapat digunakan mulai usia bayi baru lahir hingga usia lanjut. Pada anak-anak, remaja bahkan pada ibu hamil akupunktur medik aman dilakukan.
Amankah akupunktur medik? Aman dan tidak berbahaya. Namun segala tindakan medik tetap ada risikonya. Untuk gangguan kesehatan atau penyakit apa saja akupunktur medik dapat dimanfaatkan? Nyeri dalam berbagai bentuk diantaranya: nyeri haid (disminorrheae), nyeri wajah (neuralgia trigeminal), migren, vertigo, nyeri lutut, nyeri punggung bawah/pinggang bawah (LBP), nyeri leher, nyeri gigi, nyeri bahu, nyeri pasca operasi, nyeri pasca biopsi, siatika (nyeri pinggang bawah menjalar), sprain (keseleo/terkilir), nyeri siku, nyeri pasca infeksi herpes, nyeri tumit (calcaneodynia), nyeri pasca infeksi herpes. Masalah alergi, seperti : Asma bronkial, neurodermatitis, pruritas (gatal-gatal di kulit berulang), pilek akibat alergi (rhinitis alergika), biduran. Gangguan organ reproduksi wanita dan pria, seperti : Sindrom Polikista Ovarium (PCOS), sindrom sebelum haid (PMS:pre-menstruall syndrome), induksi persalinan, koreksi malposisi fetus, morning sickness, nyeri persalinan, disfungsi ereksi (non-organik). Pasca melahirkan : untuk melancarkan ASI, mengatasi Sindrom Baby Blues dan membantu menurunkan berat badan ibu. Pada penderrita kanker : akupuntur medik sangat berperan untuk mereka yang tengah atau sudah menjalani kemoterapi, radioterapi ataupun pasca pembedahan.
Lama terapi pada akupunktur medik adalah setelah jarum ditusukkan pada titi tertentu dipermukaan tubuh sesuai tujuan maka jarum ditinggal selama 20 sampai 30 menit untuk mencapai hasil optimal.
Akupuntur medik berbeda dengan akupuntur tradisional yang banyak kita temukan di masyarakat. Akupunktur medik merupakan bagian dari ilmu kedokteran konvensional dan praktisinya adalah dokter. Sedangkan akupunktur tradisional adalah bagian dari TCM (tradisional chinese medicine) dan praktisinya adalah selain dokter. Apakah bisa untuk membantu penyempitan syaraf ditulang belakang? Ya, akupuntur medik bisa untuk masalah penyempitan syaraf tulang belakang, terutama untuk pereda nyeri dan anti peradangan serta melemaskan otot-ototnya.
Apa perbedaan migren dan vertigo, dan penangananya akupunktur seperti apa ? jika migren yaitu nyeri sesisi atau selokasi saja didaerah kepala, sementara vertigo yaitu rasa berputar yang bisa dibarengi dengan nyeri kepala. Pada akupuntur medik standar nya adalah 12 kali terapi selama 6 pekan. Namun, tergantung kasus dan respon pasien, banyaknya terapi bisa kurang dari 12 kali. Contoh pada kasus maag hanya perlu 3 kali terapi agar gejalanya reda.

Rumah Sakit UII

Rumah Sakit UII adalah rumah sakit di Yogyakarta yang mempunyai layanan yang berfokus pada pasien, sehingga pasien adalah yang utama.

Jl. Srandakan Km. 5,5, Pandak, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55761

Jam Operasional

  • IGD Buka 24 Jam

Pelayanan Rawat Jalan

  • Senin - Minggu, Jam 08.00 - 21.00 WIB

Kontak

  • (0274) 2812-999
  • Email : contact@rsuii.co.id

Peta Lokasi

Copyright © Rumah Sakit UII Yogyakarta